!-- Google's Sitelinks Search Box On Your Website -->

Keju Terunik dan Teraneh Di Dunia yang Pernah Dibuat

Terlucu.com - Keju adalah makanan yang diolah dari bahan utama susu, dengan cara memisahkan zat-zat padat dalam susu melalui proses pengentalan atau koagulasi. Proses pengentalan ini dilakukan dengan bantuan bakteri atau enzim yang disebut rennet. Setelah melaui proses pengentalan kemudian dikeringkan, dan diawetkan dengan berbagai macam cara.

Produk keju pun bervariasi, tergantung dari tipe susu, metode pengentalan, temperatur, metode pemotongan, pengeringan, pemanasan, juga proses pematangan keju dan pengawetannya. Keju sangat terkenal di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Sejarah dari keju mengatakan bahwa makanan ini diduga pertama kali dikenal di daerah sekitar Timur Tengah. Konon menurut cerita keju pertama kali ditemukan secara tidak sengaja oleh seorang pengembara dari Arab.

Manfaat Keju untuk Kesehatan

Tak hanya mengurangi resiko penyakit jantung, ternyata keju juga memiliki manfaat lain yang baik untuk tubuh, antara lain:
  • Sumber protein
  • Kalsium dan vitamin
  • Baik untuk pencernaan
  • Memperbaiki mood dan meningkatkan fungsi otak
  • Mencegah penyakit hati
Rasanya yang asin dan teksturnya yang creamy sangat cocok dipadukan dengan berbagai masakan, maupun kue. Varian keju seperti cheddar, parmesan, edam, dan mozzarella mungkin sudah sering kita ditemukan dimana-mana.

Namun tahu gak kalian, ternyata selain keju yang umum kita jumpai, ada beberapa jenis keju yang unik dan aneh di dunia yang pernah dibuat oleh manusia. Simak ulasannya di bawah ini:

Cazu Marzu


Keju unik yang satu ini tidak disarankan untuk dikonsumsi. Karena keju yang berasal dari Sardinia, Italia, ini menjadi salah satu makanan ilegal dan dilarang untuk dibawa ke dalam pesawat.

Cazu Marzu berasal dari bahasa Sardinia yang berarti keju busuk atau keju belatung. Keju yang memiliki aroma yang menyengat ini dibuat dari keju Peronico yang dijemur di bawah sinar matahari. Keju yang tengah dijemur tersebut kemudian akan dihinggapi oleh lalat Piophila casei yang akan mempercepat proses fermentasi, karena telur-telur lalat yang ditetaskan di atas keju.

Clawson Stilton Gold


Keju yang masuk predikat dalam jajaran keju termahal di dunia ini memang sangat unik. Karena satu slice keju seberat 100gr saja keju ini dibanderol dengan harga 60 euro. Yang membuat keju ini mahal adalah dari penggunaan lembaran emas asli sebagai salah satu bahan utama kejunya.

Roquefort


Keju ini disebut-sebut sebagai keju terbaik di Prancis. Nama keju yang unik pun diambil dari salah satu pembuat keju terkenal di Negara Menara Eiffel tersebut. Roquefort termasuk keju biru lunak yang dibuat dari susu domba mentah.

Keju Roquefort ini cukup unik, karena di proses dengan waktu yang lumayan lama hingga 3 bulan. Sebelum keju dibuat, para pembuat Roquefort akan menyiapkan bubuk roti sebagai pengganti bakteri yang akan membantu proses fermentasi pada keju. Roti gandum hitam akan didiamkan selama 70 hari sampai kering dan berjamur, kemudian dihaluskan dan dicampur dalam adonan keju setengah jadi.

Époisses


Prancis memang terkenal sebagai Negara penghasil keju terbaik. Keju unik lainnya bernama Époisses de Bourgogne. Teksturnya yang sangat lembek, keju ini dibuat dari susu sapi yang telah mengalami proses pasteurisasi terlebih dahulu. Konon menurut masyarakat Prancis, keju ini telah dibuat sejak abad ke 16 oleh para petani wanita.

Cara membuatnya, susu yang telah mengalami proses pemanasan diasamkan dengan mencampur bakteri berupa asam laktat, kemudian didiamkan selama kira-kira 4 minggu sampai kulit keju mengeras.

Yang bikin keju ini unik adalah selama proses fermentasi, kulit akan 'dicuci' dengan menggunakan sejenis minuman beralkohol yang berasal dari Burgundia, Perancis.

Milbenkäse


Keju unik ini berasal dari Jerman, biasa dikenal dengan keju tungau. Karena diproses dengan melibatkan tungau yang bertugas untuk membuat keju menjadi matang. Untuk membuat keju ini dengan jumlah besar, keju yang masih setengah jadi dan bertekstur lembek dicampur dengan jinten dan garam, kemudian dibentuk lonjong. Agar proses pematangan Milbenkäse berjalan sempurna, keju disimpan di kotak berisi tepung gandum hitam selama tiga bulan. Proses penyimpanan tersebut yang akan membuat tungau datang dan mempercepat proses fermentasi keju.

Monte Enebro


Monte Enebro memiliki corak kehitaman khas yang ada di seluruh permukaan keju. Keju unik yang berasal dari Spanyol ini diciptakan oleh seorang bernama Rafael Baez bersama dengan anak perempuannya yang bernama Paloma in Avila.

Monte Enebro bertekstur lembut yang ini dibuat dari susu pasteurisasai yang diasamkan menggunakan bakteri penicillium. Bakteri inilah yang menghasilkan corak hitam dan kusam pada permukaan keju, namun putih bersih dan lembut pada bagian dalamnya.
Loading...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Loading...

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel