Wow! Lukisan Pria Memandang Kolam Renang Ini Laku Terjual Rp 1,3 Triliun

- November 26, 2018

Terlucu.com - Lukisan adalah sebuah karya yang memiliki peminat di seluruh dunia. Sehingga tidak heran, apabila ada begitu banyak lukisan yang dijual ratusan juta dan bahkan dilepas seharga miliaran rupiah. 

Pada umumnya, lukisan yang dibanderol dengan harga mahal itu diciptakan oleh seniman yang sudah tinggal kenangan dan mempunyai nilai sejarah tinggi. 

Dari sekian banyak lukisan yang dibanderol dengan harga selangit, salah satunya adalah sebuah lukisan karya seniman Inggris, David Hockney. Di minggu ini, lukisan tersebut menjadi rebutan banyak orang. 

Kerumunan orang  mengelilingi karya David Hockney yang bertajuk Portrait of an Artist ( Pool with Two Figures ) , di sebuah acara lelang yang digelar di balai Christie, New York, Amerika Serikat.
Menurut informasi yang dilansir dari CNCB internasional, karya David Hockney berhasil laku lebih dari US$90 juta, yang setera dengan Rp 1,3 triliun. Pool with Two Figures menggambarkan seorang pria yang sedang mengintip kolam renang. Ia berhasil menjadi karya seni paling mahal di dunia.

Harga jual yang sukses memecahkan rekor

Sempat diperebutkan oleh dua pembeli yang ngotot di kisaran harga $ 70 juta atau Rp 1,06 triliun, akhirnya mahakarya Hockney ini berhasil diboyong oleh penawar tertinggi. 

Hasil lelang itu diumumkan pada hari Jumat, 16 November 2018 lalu. Penjualan lukisan Pool with Two Figures berhasil memecahkan rekor dunia, untuk sebuah karya yang dijual di balai lelang dan berasal dari seniman yang masih hidup. 

Sebelum David Hockney, Jeff Koons adalah pemegang rekor karya seni termahal didunia yang senimannya masih hidup. Karya itu adalah patung “Balloon Dog” yang terjual senilai $ 58.4 juta atau setara Rp 852 miliar di sebuah acara lelang tahun 2013 silam. 

Sebelumnya, karya David Hockney yang paling mahal dijual seharga $28,4 juta atau setara Rp 415 miliar.

Laris manis dalam kurang dari 10 menit

Lukisan yang digambarkan Christie sebagai “mahakarya” itu berhasil terjual hanya dalam waktu tidak sampai 10 menit. Pada awalnya, Pool with Two Figures muncul di acara pameran yang diadakan di London, Inggris. 

David Hockney membawa lukisan fantastis itu pada tahun 1971. Sebelum akhirnya dibawa dan dipamerkan di New York's Andre Emmerich Gallery.

Angka penjualan lukisan Pool with Two Figures melebihi prediksi pra-penjualan rumah lelang Christie, yaitu sekitar $ 80 juta. Estimasi nilai jualnya saja memang sudah tinggi. Ini laku $ 10 juta lebih dari perkiraannya, benar-benar angka yang fantastis. 

Hockney adalah seniman Inggris yang berusia 81 tahun. Ia melukis karya lukisannya itu pada tahun 1972, sesudah mendapatkan inspirasi dari dua foto yang ditemukan di lantai studio miliknya. 

Sapuan kuas Hockney ini menggambarkan seorang pria yang mengenakan jaket merah muda sedang melihat sosok lain yang berenang di dalam air kolam renang. 

Sebelum pindah ke California tahun 1960-an, Hockney menempuh pendidikan di Royal College of Art. Sekarang ini, Hockney membagi waktunya antara Amerika Serikat dan Inggris. 

Siapa orang yang berhasil meminang Pool with Two Figures?

Sekarang, lukisan Pool with Two Figures menjadi milik seorang miliarder Inggris bernama Joe Lewis. 

Bagaimana menurut kalian sob, sangat keren bukan lukisan diatas? Ngomong-ngomong, siapa sih yang hobi melukis? Sudah siapkah kalian menjadi Hockney selanjutnya yang mampu menghasilkan mahakarya bernilai triliunan rupiah.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!