Inspiratif! Menjadi Tukang Becak Selama 8 Tahun Pemuda Ini Akhirnya Berhasil Menjadi Sarjana

- November 24, 2018

Terlucu.com - Masih ingatkah Anda dengan sosok Raeni? Pada tahun 2014 silam, Raeni sukses menjadi wisudawati terbaik di Unnes ( Universitas Negeri Semarang ). Saat acara wisuda, Raeni mendadak viral sesudah diantar oleh ayahnya, Mugiono, yang saat itu mengendarai becak. 

Kisah inspiratif Raeni akhirnya terulang kembali. Kali ini giliran seorang tukang becak yang sukses menjadi sarjana di Universitas Terbuka Majene. Tukang becak itu bernama Muhammad Hamzah Amirullah. Hamzah berasal dari keluarga yang kondisi perekonominya cukup sederhana. 

Hamzah berhasil mengundang perhatian ratusan wisudawan 

Kedatangan Hamzah ke acara wisuda di Gedung Lembaga Pendidikan Majene Sulawesi Barat, langsung mengundang perhatian sekitar 300 keluarga wisudawan lain. 

Bukan karena menumpang mobil mewah, kedatangan Hamzah menarik perhatian banyak orang lantaran mengendarai becak kebanggaannya yang selalu setia menemani selama bertahun-tahun sampai akhirnya ia lulus kuliah. 

Hamzah adalah putra sulung pasangan Usman-Nursaimah dari 7 bersaudara. Hamzah datang ke lokasi wisuda mengendarai becak sejauh 6 kilometer sambil membawa ibu tercinta Nursaimah.
Dengan bangganya, Hamzah mengayuh becak dari rumah yang terletak di dusun Tanjung Batu, Kelurahan Rangas, Kecamatan Banggae Timur, Majene. 

Melanjutkan sekolah di Perguruan Tinggi Dengan Hasil Jerih Payah Sendiri

Hamzah menggunakan upah yang diperoleh dari mengayuh becak dan beberapa pekerjaan tambahan lain untuk membiayai sekolah ke perguruan tinggi. Ia memilih menempuh pendidikan perguruan tinggi di UT ( Universitas Terbuka ) Majene.

“Bermodalkan upah hasil mengayuh becak setiap hari dan kerjaan tambahan lain yang digeluti seperti mengangkat batu, ia meneruskan sekolahnya ke perguruan tinggi.”

“Ia menempuh pendidikan di Jurusan Manajemen Universitas Terbuka (UT) Majene,"  seperti keterangan di laman resmi UT Majene.

Sosok tukang becak bertopeng 

Berbeda dari tukang becak lainnya, Hamzah memilih untuk mengenakan topeng setiap kali mengayuh becak sembari mencari calon penumpang. 

Selain menjaga kulitnya agar tidak terbakar paparan sinar matahari, Hamzah juga tidak mau diolok-olok oleh rekan sekolah dan warga disekitar,  karena profesinya hanya sebagai tukang becak. Ia bercerita, selama hampir 8 tahun menjadi tukang becak banyak sekali pengalaman yang menarik. 
Hamzah pernah mengantarkan salah satu gurunya tanpa diketahui jika tukang becak yang ditumpanginya adalah siswanya sendiri. Karena merasa harus membalas budi guru-gurunya yang sudah berjasa mendidiknya, ia mengaku seringkali menolak upah pemberian guru dan tetangga kampung yang tidak mengetahui identitas aslinya itu. 

Menurut keterangan Hamzah, semakin ia menolah upah atas jasanya, maka makin banyak pula guru-guru dan warga termasuk temannya sendiri yang penasaran ingin mengetahui siapa sosok berpoteng dengan tutur sapa santun itu. 
 
Bercita-cita menjadi TNI 

Sebenarnya, Hamzah adalah pengagum tentara yang bercita-cita menjadi seorang prajurit TNI ( Tentara Nasional Indonesia ). Akan tetapi, cita-citanya harus dikubur dalam-dalam karena tidak mendapat restu dari orang tua, khususnya ibunda tercinta.  Ibunya tidak mau berpisah jauh dari Hamzah. 

Padahal, obsesi menjadi seorang tentara yang memiliki kemampuan hebat sudah menjadi impian Hamzah sejak kecil. Ketika duduk di bangku Sekolah Dasa ( SD ), keinginan Hamzah menjadi seorang tentara semakin kuat terutama saat melihat atraksi personil TNI yang dengan hebatnya menaklukkan medan perang dan membebaskan sandera dari tangan teroris. 

Lulus dari Universitas Majene dengan IPK 3,49

Hamzah berhasil menjadi sarjana di Universitas Terbuka Majene dengan memperoleh IPK yang cukup memuaskan yaitu 3,49. Ketika wisuda, Hamzah mengantar ibundanya dengan becak yang sehari-hari digunakan mengais rezeki untuk uang biaya sekolahnya. 

Bahkan, momen ketika Hamzah mengantar sang ibu ke tempat wisuda juga menjadi viral di media sosial. Kisah inspiratif Hamzah ini menuai pujian dan komentar positif dari para netizen, yang senantiasa mendoakan Hamzah agar semakin sukses.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!