Loading...

Inilah Sumber Energi Alternatif Masa Depan yang Ada di Bumi

- November 22, 2018

Terlucu.com - Bumi yang kita huni ini semakin tua dan banyak sumber energi yang digunakan secara terus menerus yang mungkin bisa habis entah berapa lama lagi. Untuk itulah para ilmuan berlomba mencari sumber energi alternatif yang dapat diperbarui untuk masa depan bumi. Berikut beberapa energi alternatif yang ada dibumi.

Cahaya Matahari (Tenaga Surya)

Biasanya kita menggunakan panas matahari untuk menjemur pakaian yang baru dicuci. Namun tahukah anda bahwa cahaya matahari juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi terbarukan yang dapat dikonversi menjadi energi listrik. Selain untuk listrik, pemanfaatan energi matahari juga digunakan di indutri otomotif seperti mobil bertenaga surya sebagai alternatif bahan bakar kendaraan masa depan.

Hidrogen

Hidrogen dapat dimanfaatkan sebagai sumber bahan bakar alternatif kendaraan yang ramah lingkungan dan menjadi gas yang mudah ditemukan di bumi ini. Pembuatan hidrogen sendiri mengandalkan Air (H2O) sebagai bahan utamanya yang mudah untuk mendapatkannya. Pemanfaat hidrogen juga sering dijumpai di industri makanan, kimia organik, minyak goreng, dan industri pupuk.

Biofuel

Sumber energi alternatif mirip Biomassa ini juga dibuat dengan bahan nabati seperti arang, tanaman jarak, jagung, kayu,dan minyak sayur. Biasanya BBN (Bahan Bakar Nabati) dijadikan bahan bakar motor dan mobil setelah menjadi Biodesel dan Bioetanol.

Energi Terbarukan Hydropower

Sumber energi air sudah banyak dimanfaatkan dalam dunia industri seperti pembangkit listrik tenaga air (PLTA). Namun selain itu kekuatan air juga dapat menjadi energi listrik Hydropower terbuat dari bendungan air terhubung ke saluran pipa air menuju turbin dan menghasilkan power listrik.

Kontruksi Hydropower memiliki kelebihan menghasilkan energi yang konstan dan tidak berdampak buruk bagi atmosfer serta tahan lama.

Energi Alternatif Biomassa

Energi alternatif ini memanfaatkan limbah, kotoran manusia atau hewan dan bisa juga bersumber dari organisme yang belum lama mati. Yang paling banyak digunakan berasal dari pembakaran kayu dan limbah. Sedangkan Biogas dibuat dari kotoran manusia atau hewan.

Geothermal (Panas Bumi)

Gunung merapi aktif merupakan sumber alam alternatif masa depan, namun belum banyak dimanfaatkan secara maksimal karena keterbatasan pengetahuan dan teknologi serta biaya yang mahal. Selain itu juga faktor resiko terkadang menjadi kendala yang perlu dipertimbangkan.
Di indonesia sendiri terdapat pembangkit listrik tenaga panas bumi seperti PLTP Sibayak Sumatera, PLTP Dieng Jateng, PLTP Salak Jabar, dan PLTP Lahendong Sulut.
 

Ketik dan Tekan Enter Untuk Mencari!